JASA PEMASANGAN DRAINASE SURABAYA

DRAINASE SURABAYA

Jasa Pemasangan Drainase Surabaya, Kontraktor Pelaksana Box Culvert, Pemasangan Long Storage, Drainase Jalan Raya, Cluster, Pergudangan, Apartemen.

SALURAN KOTA - BOX CULVERT -  88 AVENUE

88 Avenue tepatnya berlokasi di Jalan Raya Darmo Permai III/kav. 88, kawasan Central Business District (CBD) Segi 8 Surabaya.

WORK BY : PT GIGANTARA SUKSES MANDIRI RAHARJA

CLIENT: PT KSO WASKITA DARMO PERMAI

Pada hakekatnya drainase jalan raya di perkotaan maupun di luar kota tidak ada  perbedaan  yang  prinsip.  Umumnya  di  perkotaan  dan  luar  perkotaan, drainase   jalan   raya   dapat   berfungsi   sebagai   saluran   untuk   air   dari permukaan  (badan)  jalan  dan  sekaligus  juga  berfungsi  menampung  daerah tangkapan   lingkungan   sekitarnya.   Bahkan   diperkotaan   menjadi   saluran drainase   lingkungan   juga.   Secara   umum   tipikal   drainase   jalan   selalu mempergunakan    drainase    muka    tanah    (    surface    drainage),    namun dibeberapa  tempat  kadangkala  diperlukan  semacam  sub-drainase  (drainase bawah jalan). Di   perkotaan   saluran   muka   tanah   selalu   ditutup   yang   berfdungsi   juga sebagai  bahu  jalan  atau  trotoar  (fasilitas  bagi  pejalan  kaki).  Drainase  jalan raya  perkotaan  elevasi  sisi  atas  selalu  lebih  tinggi  dari  sisi  atas  muka  jalan. Air  masuk    ke  saluran  melalui  inlet.  Inlet  yang  ada  dan  dapat  berupa  inlet tegak  maupun  inlet  horizontal.  Untuk  jalan  raya  yang  lurus,  kemungkinan letak saluran pada ke dua sisi, yaitu sisi kiri dan sisi kanan   jalan. Jika jalan ke arah  lebar  miring  ke  arah  tepi,  maka  saluran  akan  terdapat  pada  sisi  tepi jalan  atau  pada  bahu  jalan.  Sedangkan  jika  kemiringan  arah  lebar  jalan  ke arah  median  jalan maka  saluran  akan  terdapat  pada median  jalan  tersebut. Jika jalan tidak lurus tetapi menikung, maka kemiringan jalan satu arah, tidak dua  arah  seperti  jalan  yang  lurus.  Kemiringan  pada  satu  arah  pada  jalan menikung  inimenyebabkan  saluran  hanya      pada  satu  sisi  jalan  yaitu  sisi yang  rendah.  Untuk  menyalurkan  air  pada  saluran  ini  pada  jarak  tertentu, direncanakan adanya pipa  nol yang diposisikan di bawah badan jalan untuk mengalirkan air dari saluran.Banyak hal yang menjadi permasalahan dan kendala dalam   sistem drainase baik di perkotaan maupun di luar kota terutama berkaitan dengan, masalah teknis dalam penerapan konsep drainase perkotaan. Pemahaman yang ada, bahwa  air  hujan  yang  turun  ke  permukaan  tanah  harus/masih  dibuang “secepat-cepatnya (dibuang) ke sungai, dengan prinsip bahwa air hujan yang jatuh  ke  permukaan  jalan  memang  harus  dialirkan  dan  dibuang  ke  saluran drainase  (samping  jalan).    Persoalannya  adalah  bahwa  air  hujan  yang  turun ke permukaan jalan tersebut dan dialirkan ke saluran kemudian tidak diberi kesempatan untuk “meresap” sebagai cadangan air tanah, akibatnya tanah tak   punya   cadangan   air,   muka   air   tanah   turun,   kekeringan   melanda. Sementara itu, sungai tidak lagi mengalirkan air bersih. Air sungai bercampur juga  dengan  air  limbah,  baik  itu  skala  kecil  maupun  besar.  Tumpang  tindih fungsi  atas  keberadaan  sungai  ini  jelas  membawa  dampak  permasalahan yang cukup potensial dalam merusak lingkungan.Muncul  dalam  pengelolaan  sistem  drainase  perkotaan  maupun  antarkota, adalah konsep integrasi sistem  jaringan drainase antar wilayah / kabupaten yang mengedepankan berwawasan lingkungan. Sebagai sebuah jaringan dan sistem,  tidak  mungkin  bila  aliran  air  dikelola  sendiri-sendiri.  Pendimensian saluran,  penggunaan  sungai  secara  terpadu,  sosialisasi  kepada  masyarakat harus dilakukan secara menyeluruh .

 

Sistem    drainase   merupakan   serangkaian    bangunan    air    yang berfungsi untuk mengurangi dan atau membuang kelebihan air dari suatu   kawasan   kebadanair   (sungai   dan   danau)   atau   tempat peresapan  buatan.  Dalam  merencanakan  sistem  drainase   jalan berdasarkan    pada    keberadaaan    air    permukaan    dan    bawah permukaan, sehingga perencanaan drainase jalan dibagi menjadi:drainase permukaan(surfaceDRAINAGE)drainase bawah permukaan(sub surfacedrainage)Secaraumum,  pendekatan  langkah  perencanaan  sistem  drainase jalan    yang    berwawasan    lingkungan    adalah    dimulai    dengan memplot  rute  jalan  yang  akan  ditinjau  di  peta  topografi  untuk mengetahui     daerah     layanan     sehingga     dapat     memprediksi kebutuhan   penempatan   bangunan   drainase   penunjang   seperti saluran  samping  jalan,  fasilitas  penahan  air  hujan  dan  bangunan pelengkap,   dengan   meperhatikan   keberadaan   lingkungan   yang berkaitan  dengan  peluang  ditempatkannya  bangunan  peresap  air atau  penampung  air.    Juga  harus  memperhatikan  pengaliran  air yang  ada  di  permukaan  maupun  yang  ada  di  bawah  permukaan dengan  mengikuti  ketentuan  teknis  yang  ada  tanpa  menggangu stabilitas konstruksi jalan.Sistem  drainase  permukaan  jalanberfungsi  untuk  mengendalikan limpasan   air   hujan   di   permukaan   jalan   dan   juga   dari   daerah sekitarnya agar tidak merusak konstruksi jalan akibat air banjir yang melimpas di atas perkerasan jalan atau erosi pada badan jalan.Sistem  drainase  bawah  permukaan  bertujuan  untuk  menurunkan muka  air  tanah  dan  mencegah  sertamembuang  air  infiltrasi  dari daerah  sekitar  jalan  dan  permukaan  jalan  atau  air  yang  naik  dari subgrade jalan.

 

Jenis-jenis Drainase

Menurut Sejarah Terbentuknya

 

  • Drainase  alamiah  (  natural  drainage  ),  terbentuk  secara  alamiah, tidak terdapat bangunan penunjang.
  • Drainase   Buatan   (   artificial   drainage   ),   dibuat   dengan   tujuan tertentu, memerlukan bangunan  khusus.

SALURAN TERBUKA DAN SALURAN TERTUTUP

 

Sudah bukan rahasia lagi kalau tiba musim hujan pasti banyak orang yang merasa khawatir akan terjadinya banjir, apalagi bagi mereka yang tinggal di wilayah yang rentan banjir atau menjadi langganan banjir. Penyebab utama genangan atau banjir memang ada banyak faktor, makin berkurangnya daerah resapan air hujan, karena meningkatnya luas daerah yang ditutupi oleh perkerasan, dengan meningkatnya pembangunan permukiman dapat mengakibatkan waktu berkumpulnya air (time of concentration) menjadi jauh lebih pendek, sehingga akumulasi air hujan yangterkumpul melampaui kapasitas drainase yang ada sehingga air meluap dari saluran drainase.

 

Untuk mengalirkan air hujan, dari suatu tempat ketempat lain, misalnya dari daerah permukiman kedaerah pembuangan seperti saluran utama, sungai, danau, laut, dll, dibutuhkan sarana atau prasarana di permukiman berupa drainase permukiman.

Jaringan drainase berfungsi untuk menyalurkan air hujan agar lingkungan perumahan bebas dari genangan air; Untuk menentukan ukuran saluran drainase ditentukan berdasarkan kapasitas volume air yang akan ditampung dan frekuensi intensitas curah hujan 5 tahunan dan daya resap tanah; Sitem saluran dapat terbuka atau tertutup,

 

Persyaratan saluran terbuka :

a. Saluran berbentuk ½ lingkaran, diameter minimum 20cm;

b. Kemiringan saluran minimum 2%

c. Kedalaman saluran minimum 40cm;

d. Bahan bangunan : tanah liat, beton, batu bata, batu kali;

Persyaratan Saluran tertutup :

a. Saluran dilengkapi dengan lubang kontrol pada setiap jarak minimal 10 meter dan pada setiap belokan;

b. Kemiringan saluran minimum 2%

c. Kedalaman saluran minimum 30cm;

d. Bahan bangunan:PVC,tanah liat,beton,batu bata,batu kali

Saluran air hujan didesain untuk digunakan atau dipakai hanya untuk dilingkungan permukiman. Pada umumnya, bebean hidup adalah orang, bila dilalui kendaraan roda dua (motor) atau roda 4 (mobil) maka saluran tersebut harus ditutup dengan plat beton bertulang tebal 10-12cm. Pada lokasi pinggir jalan raya yang dapat dilewati oleh kendaraan berat seperti truk, dll, saluran air hujan tidak direkomendasikan ditempat tersebut. Pada saluran air hujan, air hujan yang masuk kesaluran adalah air hujan yang tidak tercemar dan bukan air limbah

 

 

 

 

LONGSTORAGE

Pekerjaan LongStorage , Install DUB 150.100.120.20 TOP BOTTOM . Material support by PT Calvary Abadi . Di Apartemen Grand Dharma Husada Lagoon

WORK BY : PT GIGANTARA SUKSES MANDIRI RAHARJA

CLIENT: PT PP PROPERTY

PT. Gigantara Sukses Mandiri Raharja

PT. GIGANTARA SUKSES MANDIRI RAHARJA  sebagai General Contractor, Flooring dan Steel Structure. Kami berawal dari sebuah CV. Gigantara Sukses Mandiri Raya . Seiring waktu berjalan, kami berkembang dengan pesat dan semakin banyak mendapatkan kepercayaan untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi baja, renovasi, atau pembongkaran suatu gedung, jalanan, atau struktur bangunan fisik lainnya.

QUICK LINKS

ABOUT

SERVICES

PORTFOLIO

All content © PT GSMR 2018 . All rights reserved.

The Samator - Sky Suite SOHO lt 5 unit 507

jl . Raya Kedung Baruk no 25 - 28

Surabaya - 60298

081333000046  - 081554211113

contact@gsmr.co.id

purchasing@gsmr.co.id